Tuesday, December 20, 2011

10 Short Code SMS Yang Patut Diwaspadai



Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) merilis Short Code (SC) dan Contend Provider (CP) yang diduga melakukan "Penyedotan Pulsa".

Ternyata masih ada Perusahaan Short Code (SC) tersebut yang tidak terdaftar di BRTI. Anggota BRTI, Heru Sutadi menjelaskan bahwa Pemerintah sudah melakukan penghentian (UnReg) massal SMS Premium, baik Konten maupun Pop Screen pada 18 Oktober 2011 lalu,.. begitu juga penghentian CP (Contend Provider) baru.

"Namun bila ada yang ikhlas mendaftar SMS Premium lagi, ya silakan, kami tidak melarang" ungkap Heru Sutadi, Senin (19/12/2011).

Heru Sutadi mengingatkan kepada pengguna operator telepon seluler harus mewaspadai dari SMS Premium yang kadang "NYASAR" atau bahkan sengaja berlangganan. Jika layanan dan ketentuan membayarnya tidak jelas, maka sebaiknya pengguna handphone seluler mengabaikan atau langsung menghapus SMS tersebut

Berdasarkan data pengaduan masyarakat melalui Call Center 159, ada sekitar 10 Short Code (SC) dari 8 (Contend Provider (CP) dan 2 Operator yang diduga melakukan Penyedotan Pulsa.

Anehnya dari 8 CP itu masih ada perusahaan yang tidak terdaftar di BRTI, yaitu sebagai berikut:
  • » PT. Extent Media Indonesia dengan layanan 9393
  • » Telkomsel dengan layanan 1212
  • » XL Axiata yang memiliki SC 1818

Inilah Short Code (SC) yang patut kita waspadai sebelum menyetujui layanan yang akan dipakai:

Silakan Click Spoiler dibawah ini)
Please Click:
  1. 9393:» Layanan ini milik PT. Extent Media Indonesia dengan SC » 9393. Bekerjasama dengan Telkomsel, belum terdaftar di BRTI.
  2. 9877:» Layanan ini milik PT. Kreatif Bersama dengan layanan kuis dan game.
  3. 1212:» Layanan ini milik PT. Telkomsel, Telkom dan untuk layanan RBT, baik » NSP 1212 maupun » Langit Musik Indonesia. Diduga belum memiliki izin dari BRTI.
  4. 9399:» Layanan ini milik PT. Era Cahaya Brillian. Direksinya sama dengan PT. Extent Media Indonesia yang belum terdaftar di BRTI.
  5. 9899:» Layanan ini milik Nextnation Prisma yang menyelenggarakan layanan poin, hadiah dan SMS pemilihan Pildacil AnTV.
  6. 1818:» Layanan ini milik PT. XL Axiata yang melayani RBT. Izin usaha juga belum ada di BRTI
  7. 9599:» Layanan milik PT. Lingua Asiatic yang membuat » I-Ring 808 Indosat dan » Lelang.
  8. 9388:» Layanan ini milik PT. Infokom Eletrindo yang menyediakan » Konten Musik.
  9. 9311:» Layanan milik PT. Collibri Network.
  10. 2680:» Layanan » Religi dan » Horoskop dari PT. Cequal Indonesia bekerjasama dengan PT. Telkomsel.

Itulah daftar » 10 Short Code (SC) « yang perlu kita "waspadai" bersama-sama, agar kita terhindar dari "penyedotan pulsa" di handphone seluler yang kita pegunakan.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Sumber: © BPost