Tuesday, November 15, 2011

Simpan Bookmarks DiDunia Maya

Ketika Browser yang anda gunakan tiba-tiba mengalami Error atau bahkan sampai tidak bisa digunakan, cara yang paling sering anda lakukan kemungkinan adalah menginstall kembali browser tersebut Sangat disayangkan, ketika kita menginstal kembali, bookmarks yang tersimpan juga akan hilang.

Sekarang kita mari "Berbagi Informasi" cara mengatasi sulosi tersebut yaitu solusi sebelum Browser anda mengalami Error dan Bookmarksnya hilang, Solusinya adalah: Gunakan Add-On Xmarks Sync. Add-on ini memiliki server yang bisa kita isi Bookmarks kita dengan syarat harus memiliki akun keserver tersebut.

Selain Bookmarks history juga ikut terbackup ke server. Lainnya lagi, ketika menutup Firefox, secara otomatis si Add-on akan langsung mengsinkronkan pada hari dimana anda menggunakan Browser tersebut. Langkah Installasi serta setingan pada Add-On bisa kita baca pada langkah selanjutnya dibawah ini:

  1. Buka halaman https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addons/xmarks-sync Kemudian click tombol Add to Firefox
  2. Jika Proses Installasi sudah selesai, kemudian Restart Browsernya, secara otomatis Add-On ini membuka halaman login untuk kebutuhan mensingkronkan Bookmarks. Langkah pertama adalah membuat akun terlebih dahulu, click tombol Create An Account.
  3. Isi semua data formulir yang sudah disediakan, kamudian click "Create Account"
  4. Kemudian anda beri tanda centang pada semua pilihan dihalaman tersebut, kemudian click "Next", yang terakhir click tombol "Finish" untuk mengakhiri proses pembuatan akun.
  5. Setelah Add-On sudah terpasang, lakukan singkronisasi Bookmarks dari Browser kita keserver Xmarks. Buka fiturnya dimenu Tools => XMarks=>Synchronize Now. Proses sinkron berjalan, kita tunggu sampai selesai.
  6. Jika cara sinkron Bookmarks sudah paham, berikutnya adalah bagaimana menggembalikan Bookmarks yang kita simpan diserver. Masih dimenu XMarks, sekarang pilih XMarks Settings.
  7. Halaman XMarks Setting terbuka, click Menu Restore. Dari Menu inilah anda bisa menggembalikan kembali Bookmarksnya . Pertama anda pilih Bookmarks yang tersimpan dan tentukan tanggalnya sesuai kebutuhan. Anda bisa melihatnya dengan preview Bookmarks nya sebelum benar-benar melakukan Restore. Jikasudah yakin dengan pilihan anda , click tombol Restore Bookmarks, silakan tunggu hingga prosesnya selesai.

Semoga Bermanfaat.

Silakan Baca Artikel Lainnya: Read It Later Lebih Ringkas Dari Bookmarks